Minggu, 25 Juli 2010

Cara menghilangkan bau tidak sedap dari buah mengkudu

Tentunya kita semua sudah tahu kasiat dari buah mengkudu. Sama halnya dengan daun sirih. Buah mengkudu juga bisa menyembuhkan dan melindungin fungsi organ vital dalam tubu seperti liver,hati dan jantung.
Namun buah mengkudu juga terkenal dengan baunya yang tidak sedap. Ini disebapkan oleh zat asam askrobat dan zat asam kaproat yang terkandung dalam buah mengkudu sehingga bisa menimbulkan rasa muntah. Namum perlu diingat kasiat buah mengkudu justru terdapat pada kedua kandungang zat asam tersebut..
Ada beberapa cara yang terbukti mampu menghilangkan bau buah mengkudu namun tidak memgurangi kasiat dari buah mengkudu itu sndri.
Caranya sederhana pilih buah mengkudu yang sudah masak lalu rebus buah mengkudu yang sudah dibelah menjadi 4 bagian..kedalam panci berisi 3 gelas air. Lalu masukan gula merah dan madu. Rebus hinga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan Tuang kedalam gelas atau botol lalu tupup dan diamkan selama 1 atau 2 hari sehinga terjadi proses permentasi dan baunya menguai dan hilang..

Catatan: buah mengkudu yang sudah masak lebih kuat kasiatnya ketimbang memkudu yang masih muda.
Saat merebus buah mengkudu pastikan api kompor dalam keadaan kecil. Karena proses rebusan yang lama bisa membuat zat-zat yang berkasiat dalam buah mengkudu bisa keluar semua dan tercampur dalam air rebusan yang akan kita minum nantinya.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. apakah fungsi penambahan madu? pada proses penghilangan bau buah mengkudu?

    BalasHapus