Minggu, 25 Juli 2010

Bahaya mie instan dan cara penyajian mie instan menjadi hidangan yang sehat

Mungkin anda pernah mendengar mitos tentang bahaya kimia yang terkandung dalam mie instan. Ini bukan hanya sekedar mitos. Memang benar adanya terdapat zat kimia berbahaya yang terkandung dalam mie instan seperti zat additive yang berdampak buruk pada kesehatan. Additive merupakan bahan campuran pada makanan agar makanan tersebut mempunyai sifat-sifat tertentu.
Disamping itu mie instan juga mengandung bahan kimia lainnya seperti vetsin (MSG) zat pewarna dan perasa kimia yang terkandung dalam bumbu mie. Bertujuan menambah citarasa yang kental terhadap mie instan. Belum lagi styrofoam zat kimia yang dicurigai bisa menyebabkan kanker.

Seperti yang kita lihat. Mie instan merupakan jenis makanan yang paling banyak digemari. Karena rasanya yang berbeda dan penyajian yang praktis, lezat dan murah. Sehingga banyak orang yang belum paham bahwa mie instan dapat berdampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam waktu yang lama dan berturut-turut.

Selain merugikan kesehatan mie instan juga bisa mengurangi kesegaran dan kecantikan. Karena tuhuh kekurangan nutrisi yang tidak terdapat pada mie instan. Meskipun dilihat dari komposisinya, mie instan mie memang memikiki kalori yang tinggi. Namun minim zat-zat gizi penting lainnya seperti vitamin, mineral dan serat.

Mie instan tak perlu dikonsumsi setiap hari. Cukup sesekali saja. Bila anda ingin memasak mie instan. Berikut adalah tips memasak mie instan yang sehat.
Masak air hingga mendidih. Lalu masukan mie instan sambil diaduk-aduk selama kurang lebih 1 menit. Angkat dan tiriskan. Buang air bekas rebusan.
Penting mesebus mie instan terlebih dahulu. Karena air yang mendidih bisa merontokan semua zat kimia berbahaya yang terkandung dalam mie instan.
Penting juga menambahkan sayuran seperti sawi.tomat,kol, wortel dan kecambah.
Jangan lupa ditambh lauk juga seperti ayam.udang,telur dan daging. Untuk bumbu mie anda cukup menggunakanny sedikit saja atau anda bisa menggantinya dengan garam dapur.
Agar mie instan menjadi kaya gizi dan sehat.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar